Breaking News

Pembangunan Ruas Jalan Lintas Selatan Dilanjutkan Tahun Ini

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Ende, Ir. Lewang Fransiskus (foto tedjo)

JONGFLORES ENDE – Penggusuran pembukaan ruas jalan lintas selatan dari Reka menuju Wolokota kembali dilanjutkan tahun ini dengan sumber dana APBD II Kabupaten Ende tahun anggaran 2021 dengan alokasi sebesar Rp 2 miliar.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Ende, Ir Lewang Fransiskus kepada sejumlah wartawan di Ende pada Selasa (06/07/2021).

Lewang Fransiskus mengatakan kelanjutan pengerjaan ruas jalan yang pernah dikerjakan melalui Program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) tahun 2020 oleh Kodim 1602/Ende dan pada tahun ini akan dilanjutkan pengerjaannya karena telah masuk dalam Dokumen Pelaksana Anggaran (DPA) sehingga dipastikan dapat dilaksanakan pengerjaannya pada tahun ini.

Ir. Lewang menuturkan selain pengerjaan ruas jalan Reka – Wolokota,  di dalam DPA juga telah dialokasikan anggaran sebesar Rp 3,5 miliar untuk pengerjaan dan peningkatan jalan dalam kota yaitu ruas jalan Banteng yang sebelumnya direncanakan juga pembangunan ruas jalan Nuamuri dan Garuda.

“Karena terjadi refocusing anggaran untuk penanganan COVID – 19 maka tahun ini kita fokuskan pengerjaannya di ruas jalan Banteng dulu,” kata Lewang.

Lewang Fransiskus menjelaskan pada tahun anggaran ini juga, Pemerintah Daerah Kabupaten Ende juga telah mengalokasikan anggaran untuk pengerjaan dan peningkatan ruas jalan paralel sebesar Rp 12 miliar.

Dilanjutkan Lewang, dari 5 ruas jalan paralel yang ada di Kabupaten Ende, untuk tahun anggaran 2021 ini masih 2 ruas jalan paralel yang dikerjakan yaitu ruas jalan Maurole – Magekoba dengan alokasi anggaran sebesar Rp 10 miliar dan lanjutan jalan Boafeo – Maukaro sebesar Rp 2 miliar.

“Untuk 3 ruas jalan yang lain yakni ruas jalan Pu’ukungu – Orakose – Kamubheka, ruas jalan Lepembusu – Hangalande dan ruas jalan Watuneso – Kota Baru akan kita kerjakan secara bertahap pada tahun anggaran yang akan datang,” pungkas Lewang.***(welano)

Tidak ada komentar