Breaking News

Rayakan HUT HKMAN 22, AMAN Gelar Aksi Sosial Bagikan Sembako Dan Pangan Lokal

Tim AMAN Nusa Bunga saat melakukan aksi sosial dalam memberikan bantuan (foto welano)  

ENDE JONGFLORES
– Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) merayakan hari kebangkitan masyarakat adat dan HUT ke- 22. Kali ini perayaan ulang tahun dirayakan dengan melakukan aksi sosial membantu pemerintah menangani masyarakat kecil yang terdampak covid-19 yang dilakukan secara nasional. AMAN Wilayah Nusa Bunga menerjunkan stafnya berkeliling memberikan bantuan kepada masyarakat kecil, Rabu (17/3/2021).

Bantuan yang diberikan berupa sembako dan pangan yang dikumpulkan oleh masyarakat adat di seluruh komunitas wilayah AMAN Nusa Bunga, seperti ubi, pisang dan beras serta hasil kebun lainnya.

Ketua AMAN Wilayah Nusa Bunga, Philipus  Kami, kepada wartawan, Rabu (17/3/2021) mengatakan, AMAN mengambil peran membantu pemerintah melakukan edukasi dan membantu ekonomi masyarakat kecil terdampak covid-19.

Philipus Kami mengatakan, AMAN Nusa Bunga mengambil bagian dalam aksi sosial dengan memberikan bantuan sembako dan pangan kepada masyarakat kecil yang dikumpulkan oleh masyarakat adat di komunitas masing- masing.

AMAN mengambil bagian membantu pemerintah di tengah pandemi covid-19 khususnya pada masalah ekonomi. Di kota besar bantuan ini difokuskan pada buruh dan pekerja swasta yang kehilangan pekerjaan putus hubungan kerja karena pandemi covid-19 sedangkan di wilayah dan daerah kita fokus pada janda dan yatim piatu serta keluarga miskin, katanya.

Philipus Kami menegaskan, melalui aksi solidaritas tersebut masyarakat adat memberikan pesan kepada pemerintah bahwa masyarakat adat berhasil membangun ketahanan pangan di tengah pandemi covid-19 yang belum diketahui kapan berakhir.

Philipus Kami mengatakan, pada momen hari kebangkitan masyarakat adat tersebut, masyarakat adat mendesak pemerintah dan DPR segera mengesahkan undang- undang masyarakat adat.

Sementara itu salah seorang penerima bantuan, Maria Rosadalima, mengaku terharu saat tim AMAN menyambangi kediamannya dan memberikan bantuan sembako untuk keluarganya.

Dirinya mengaku jika selama ini tidak menerima bantuan seperti itu dari pemerintah padahal dia dan keluarganya hidup sangat memprihatinkan di tengah kebun milik oranglain yang berbelas kasih kepadanya.

Maria mengaku pondok rumahnya tersebut dibangun atas izin dari pemilik tanah agar dapat menjaga lahan tanah yang saat ini ditanami ubi dan tanaman lainnya.

Dirinya berharap agar pemerintah dapat memberikan perhatian kepada masyarakat kecil, seperti dirinya.

Terima kasih AMAN yang sudah datang mengunjungi dan memberikan bantuan kepada kami. Kami berharap pemerintah bisa membantu orang kecil seperti kami, tutup Maria.*** (welano)

Tidak ada komentar