Breaking News

Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Pulau Ende, Bupati Djafar Resmikan Rute KMP Sirung

Bupati Djafar Achmad sedang mengalungi selendang kepada nakhoda KMP Sirung ketika tiba di Pelabuhan Pulau Ende (foto welano)

ENDE JONGFLORES – Pelayaran perdana Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Sirung menuju Pulau Ende hari ini Kamis (07/01/2021) merupakan awal terbukanya akses transportasi laut dari Pulau Ende langsung menuju Kupang sebagai ibukota Provinsi NTT yang selama ini belum pernah terjadi. Masyarakat Pulau Ende jika melakukan perjalanan ke Kupang dan sekitarnya harus melakukan transit di Ende dan selanjutnya akan melakukan perjalanan menuju kota tujuan. Namun mulai berlabuhnya KMP Sirung di Pelabuhan Pulau Ende hari ini, rute perjalanan menuju Kupang dapat dilakukan dengan perjalanan connect tanpa harus menggantikan kapal lagi.

Bupati Ende, Drs H. Djafar H. Achmad MM dalam peresmian rute baru KMP Sirung di Pulau Ende mengatakan dengan kehadiran KMP Sirung di Pulau Ende, kiranya dapat memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat Pulau Ende mengingat banyak potensi alam yang ada di pulau ini belum dimanfaatkan secara maksimal.

“Saya ingin ada terobosan baru untuk dapat membantu masyarakat yang ada di sini (Pulau Ende, red) agar potensi alam yang ada disini dapat dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan pertumbuhan ekonominya,” kata Bupati Djafar.

Bupati Djafar melanjutkan dengan dibukanya rute KMP Sirung, Kupang – Ende – Pulau Ende PP, pihaknya berharap potensi kelautan yang merupakan hasil utama masyarakat Pulau Ende dapat dijual hingga ke daerah – daerah lainnya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat yang ada di pulau berbentuk parang ini.

Orang nomor satu di Kabupaten Ende ini menuturkan kehadiran KMP Sirung di Pulau Ende harus memacu penigkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat yang ada di Pulau Ende dalam memanfatkan pembangunan sarana dan prasarana yang ada.

Untuk itu pesan Djafar kepada masyarakat Pulau Ende yang menggunakan jasa transportasi laut ini agar dapat menjaga, merawat dan memanfaatkan kapal tersebut sebaik mungkin untuk kepentingan pelayanan pelayaran di rute yang telah ditentukan itu.

“Saya berharap agar kita semua dapat menjaga kebersihan kapal ini saat bepergian dengan menggunakan jasa kapal ini. Kita jaga dan kita rawat bersama,” tutur Bupati Djafar.

Semetara itu Camat Pulau Ende, Nurdin S. ST dalam sambutannya mengatakan, pihaknya sangat berterimakasih kepada Bupati Ende yang telah mengizinkan rute pelayaran KMP Sirung hingga berlabuh  di Pelabuhan Pulau Ende karena dengan hadirnya kapal tersebut perekonomian masyarakat akan bertumbuh secara perlahan.

“Masyarakat Pulau Ende memiliki potensi laut yang luar biasa namun masih berbenturan dengan sarana penunjang yang dapat menampung hasil laut tersebut,” ungkapnya.

Camat Nurdin melanjutkan sekarang telah ada sarana transportasi yang dapat memperlancar arus lalu lintas laut ini tentunya dapat membantu meningkatkan roda perekonomian masyarakat Pulau Ende.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Cabang Ende, Konrad Siahaan menuturkan saat ini KMP Sirung sudah bisa sandar di Pelabuhan Pulau Ende namun kondisi pelabuhannya harus dibenahi lagi karena tembok pelabuhan dan semen di jalanan sudah banyak mengalami retak dan pecah.

Konrad menambahkan dalam waktu dekat pihaknya akan mengusulkan ke pemerintah pusat untuk dapat memperbaiki kerusakan pelabuhan itu agar layak dilabuhi kapal – kapal besar lainnya.

“Tadi setelah turun dari kapal saya langsung berjalan mengelilingi area pelabuhan. Saya menemukan beberapa titik yang tembok dan semennya rapuh dan rusak. Kita akan laporkan ke pusat dan mengusulkan untuk perbaikannya,” kata Konrad.

Dirinya pun berharap kepada masyarakat Pulau Ende untuk dapat menjaga dan merawat fasilitas pelabuhan yang ada sehingga awet dan tidak mudah rusak.***(welano)

 

 

Tidak ada komentar