Breaking News

1 Pasien Terpapar COVID – 19 Meninggal Di RSUD Ende

Jenasah pasien COVID - 19  yang meninggal di RSUD saat diantar ke pemakamannya dan dikawal polisi (foto herodores youtube)
ENDE JONGFLORES – Salah seorang pasien yang terpapar Corona Virus Disease (COVID) – 19 dinyatakan meninggal dunia pada pukul 16.30 WITa di Rumah Umum Sakit Daerah (RSUD) Ende hari ini Senin (04/01/2021). Pasien COVID – 19 tersebut diketahui berinisial SU (63) warga RT 02 RW 04, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Ende Selatan, Kabupaten Ende.      

Direktris RSUD Ende, dr. Aries Dwi Lestari kepada wartawan mengatakan pasien COVID yang  meninggal tersebut selama ini dirawat di ruang isolasi RSUD Ende sejak 23 Desember 2020 lalu.

Dr. Aries menjelaskan sejak dirawat di RSUD Ende, pasien tersebut pernah menunjukan gejala penyembuhan namun beberapa hari terakhir mengalami drop hingga meninggal pada hari ini.

“Pasien COVID yang meninggal ini memiliki riwayat penyakit jantung, darah tinggi dan juga ginjal,” kata dr. Aries.

Sementara itu Assisten I Setda Ende, Drs Abraham Badu M.Si membenarkan adanya pasien COVID – 19 yang meninggal di RSUD Ende dan saat ini pihaknya telah memerintahkan Tim Tagana Kabupaten Ende untuk melakukan evakuasi terhadap pasien tersebut agar dilakukan pemakamannya sesuai dengan Protap COVID – 19.

Abraham Badu menuturkan pasien COVID tersebut akan dimakamkan di tempat pemakaman khusus untuk pasien COVID – 19 yang meninggal namun atas permintaan pihak keluarga maka jenasah pasien tersebut dimakamkan di tempat pemakaman keluarga dengan protap COVID yang ada.  

Dikatakan Abraham usai pemakaman ini, pihaknya akan menerjunkan tim Kesehatan untuk segera melakukan tracing secara terukur dan pemeriksaan kesehatan terhadap seluruh anggota keluarga maupun orang – orang yang pernah melakukan kontak dekat dengan pasien COVID tersebut.

“Kita akan turunkan tim Kesehatan untuk melakukan tracing terhadap seluruh anggota keluarga maupun orang  - orang yang pernah melakukan kontak dengan pasien tersebut,” tuturnya.

Pihaknya berharap agar seluruh anggota keluarga dan orang – orang terdekat secara sukarela memeriksakan kesehatannya ketika tim kesehatan turun melakukan tracing ke rumah.

Dalam kesempatan itu juga Abraham menghimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga kesehatan dengan mengikuti protokol Kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah.

“Jangan lupa pakai masker, tetap menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan selalu mencuci tangan menggunakan sabun dan handsanitizer,” pungkas Abraham.*** (sumber : vnsonbara/welano)

Tidak ada komentar