Breaking News

AMAN Bantu Susun Draft Ranperdes Pengelolaan Potensi Sumber Ekonomi Masyarakat Desa Saga

Philipus Kami didampingi Penjabat Desa Saga saat menjelaskan  pentingnya sebuah Perdes (foto el)
ENDE JONGFLORES – Aliansi Masyarakat Adat Nusantara wilayah Nusa Bunga (AMAN NB) membantu penyusunan Draft Ranperdes Pengelolaan Potensi Sumber Ekonomi Masyarakat Desa Saga untuk menjadi sebuah Peraturan Desa yang mengatur tentang semua sumber daya dan potensi yang ada di Desa Saga dalam meningkatkan PADes dan kesejahteraan masyarakat Desa Saga.

Hal ini disampaikan Ketua AMAN Nusa Bunga, Philipus Kami saat membuka rapat penggalian gagasan dengan masyarakat desa Saga di Kantor Desa Saga pada Selasa (21/07/2020).

Philipus Kami mengatakan Desa Saga merupakan salah satu desa di Kabupaten Ende yang memiliki banyak potensi sumber daya alam yang dapat mendongkrak Pendapatan Asli Desa (PADes)  dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat desa.

Oleh karena itu lanjut Philipus potensi sumber ekonomi tersebut harus diperdeskan agar setiap warga masyarakat turut berpartisipasi untuk menjaga dan mengembangkan sumber daya dan potensi sumber ekonomi tersebut.

“Pentingnya pembuatan Perdes ini sebagai satu aturan untuk mengatur semua sumber daya dan potensi ekonomi yang ada di desa agar mampu mendongkrak PADes dan meningkatkan pendapatan keluarga,” kata Philipus Kami.

Terkait Ranperdes Pengelolaan Potensi Sumber Ekonomi Masyarakat Desa Saga, Philipus menjelaskan AMAN Nusa Bunga hanya bantu menulis naskahnya saja sedangkan semua isi Perdes tersebut merupakan implementasi kondisi riil yang ada di Saga sehingga bab demi bab maupun pasal demi pasal dalam Perdes tersebut benar – benar lahir dari masyarakat Saga itu sendiri.

Mantan anggota DPRD Ende dua periode ini menerangkan sebelum dilakukan penyusunan Perdes lebih lanjut, terdahulu dilakukan penggalian data pada masyarakat desa Saga untuk mengetahui seluruh potensi yang ada dengan mendorong partisipasi masyarakat dalam menyusun sebuah aturan bersama.     

“Peraturan yang baik adalah peraturan yang lahir dari roh masyarakat itu sendiri sehingga masyarakat secara sadar mempunyai kewajiban untuk melaksanakan aturan yang dibuat sesuai kesepakatan bersama,” jelasnya.

Pihaknya berharap, Perdes yang dibuat mampu menjadi solusi yang baik dalam meningkatkan ekonomi masyarakat desa Saga dan mendongkrak PADes untuk kesejahteraan bersama.

Sementara itu Aloysius Rasi, salah seorang warga desa Saga yang turut hadir dalam pertemuan tersebut mengungkapkan pentingnya peraturan desa yang mengatur tentang potensi dan sumber daya yang ada di desa karena Desa Saga memiliki banyak potensi yang dapat mendobrak peningkatan ekonomi keluarga.

Mantan kepala desa yang juga salah satu mosalaki Saga ini berharap adanya kerjasama yang baik antara masyarakat dengan AMAN Nusa Bunga agar dapat menyelesaikan perda tersebut. *** (welano)


Tidak ada komentar