Breaking News

Koperasi Harus Mampu Membangun Perekonomian Masyarakat Kecil


Pelaksanaan Rakerda Dekopinda Ende di Wisma Emaus Ende

JONGFLORES ENDE. Koperasi harus menjadi lembaga yang mampu membangun perekonomian masyarakat kecil yang berpenghasilan rendah karena kehadiran koperasi bertujuan untuk mensejahterakan hidup seluruh masyarakat. 
Hal ini dikatakan Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Ende, Efrem Diakona Aina dalam pelaksanaan kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Ende, berlangsung di Aula Wisma Emaus pada Rabu (22/01).
Kadis Efrem mengatakan Koperasi merupakan lembaga gerakan yang mampu mengakomodir dan memfasilitasi seluruh kepentingan dan kebutuhan dalam upaya peningkatan peran koperasi sebagai basis pemberdayaan ekonomi rakyat.
Oleh karenanya lanjut Kadis Efrem, koperasi harus memiliki sebuah wadah organisasi yang dapat menggerakan mesin koperasi Indonesia dalam menumbuhkan ekonomi masyarakat tersebut.
Dalam hal ini, sebut Kadis Efrem, Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) yang merupakan bagian dari Dekopin Pusat sebagai lembaga gerakan koperasi yang mengakomodir dan memfasilitasi kepentingan dan kebutuhan gerakan koperasi di Indonesia.
Kadis Koperasi Kabupaten Ende ini menjelaskan Dekopinda merupakan badan dari semua koperasi yang ada di Kabupaten Ende sehingga peran Dekopinda itu sendiri adalah mitra Pemerintah dalam membangun koperasi di Kabupaten Ende. Pemerintah dan Dekopinda akan secara bersama-sama membangun perekonomian bagi masyarakat kecil yang berpenghasilan rendah dan tidak mempunyai modal.
“Ke depan koperasi-koperasi yang ada di Kabupaten Ende akan kita arahkan untuk membangun sektor-sektor ril yang dapat mengembangkan usaha mereka dan menambah pendapatan mereka sehingga kesejahteraan mereka semakin meningkat,” tutur Kadis Efrem.
Sementara itu Ketua Dekopinda Kabupaten Ende, Drs.Yakobus Dua dalam sambutannya mengatakan dalam regulasi pada tahun pertama berjalan program yang paling dikerjakan adalah pendidikan bagi anggota dan pelatihan bagi pengurus yang telah dilakukan pada tahun 2019 lalu. Sedangkan pada tahun 2020 ini, Dekopinda akan melakukan program pendidikan bagi para anggota Dekopinda sedangkan untuk pelatihan para pengurus tahun ini akan diarahkan untuk pelatihan bagi para pengawas sehingga antara anggota dan pengawas dapat memiliki persepsi yang sama dalam satu jalan dan satu pikiran untuk membangun koperasi yang baik di Kabupaten Ende.
“Tentunya hal ini dapat sesuai dengan visi-misi Bupati Ende untuk membangun ekonomi masyarakat Kabupaten Ende yang lebih sejahtera dan dapat keluar dari garis-garis kemiskinan,” kata Yakobus.
Pada tempat yang sama Bupati Ende, Drs H. Djafar H. Achmad, MM dalam sambutan tertulis yang dibacakan staf ahli bidang politik, Derson Duka, S.Sos. mengungkapkan pelaksanaan rapat kerja daerah (Rakerda) pada tahun ini memiliki makna strategis yang lebih dimaknai sebagai ajang membangun motivasi, menumbuhkan inspirasi yang mengarah pada peningkatan kesadaran dalam etos kerja.
“Keberadaan koperasi bagi masyarakat sangatlah penting karena dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Oleh karena itu Dekopinda diharapkan dapat juga membantu generasi dan kaum mileneal agar mereka bisa menjadi pelaku usaha dalam bentuk koperasi yang ada di Kabupaten Ende ini, “ pungkas Derson. (welano)***

Tidak ada komentar